Kamis, 26 Mei 2016

PROJECT GUTENBERG



PROJECT GUTENBERG

A Sejarah Project Gutenberg

Proyek gutenberg adalah suatu upaya sukarela untuk melakukan digitalisasi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya agar dapat mendorong pembuatan dan pendistribusian ebooks atau buku elektronik.Proyek gutenberg didirikan oleh michael hart, dan diciptakan  pada tahun 1971. Nama panjangnya adalah Michael stern hart, ia lahir di tacoma, washington pada tanggal 8 maret 1947. Proyek gutenberg adalah penyedia pertama buku elektronik gratis atau ebook. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan tertua diduniaProyek gutenberg menawarkan lebih dari 50.000 ebooks gratis: memilih di antara buku epub gratis, buku kindle gratis, download mereka atau membaca secara online. 

   Sejarah Michael S. Hart

Michael Stern Hart lahir di Tacoma, Washington pada tanggal 8 Maret 1947. Dan meninggal pada 6 September 2011 di rumahnya di Urbana, Illinois, pada usia 64. Dia meninggalkan seorang ibunya, Alice, dan saudara, Bennett. Michael adalah seorang Eagle Scout (Urbana Pasukan 6 dan Explorer Pos 12), dan bertugas di Angkatan Darat di Korea selama era Vietnam.Hart terkenal pada tahun 1971 saat penemuan buku elektronik atau eBook. Ia mendirikan Project Gutenberg, yang diakui sebagai salah satu yang paling awal dan paling lama proyek sastra online. 

Dia sering menceritakan kisah ini tentang bagaimana ia memiliki ide untuk eBook. Dia telah diberikan akses ke daya komputasi di University of Illinois di Urbana-Champaign. Pada tanggal 4 Juli 1971, setelah terinspirasi oleh salinan cetak bebas dari AS Deklarasi Kemerdekaan, ia memutuskan untuk mengetik teks ke dalam komputer, dan mengirimkan ke pengguna lain di jaringan komputer. Dari awal ini, digitalisasi dan distribusi sastra adalah menjadi pekerjaan hidup Hart, yang mencakup lebih dari 40 tahun.

Hart adalah seorang teknolog bersemangat dan futuris. Sebuah tinkerer seumur hidup, ia memperoleh tangan keahlian dengan teknologi hari: radio, hi-fi stereo, peralatan video, dan tentu saja komputer. Dia terus-menerus melihat ke masa depan, untuk mengantisipasi kemajuan teknologi. Salah satu spekulasi favoritnya adalah bahwa suatu hari nanti, setiap orang akan dapat memiliki salinan mereka sendiri dari koleksi Project Gutenberg atau bagian apa pun yang diinginkan. Visi ini menjadi kenyataan, berkat munculnya murah disk drive komputer besar, dan ke mana-mana perangkat mobile portable, seperti ponsel.

Hart juga memprediksi peningkatan terjemahan otomatis, yang akan menyediakan semua literatur dunia di lebih dari seratus bahasa. Sementara tujuan ini belum tercapai, pada saat kematiannya Project Gutenberg host eBook dalam 60 bahasa yang berbeda, dan sering disorot sebagai salah satu yang terbaik sumber daya berbasis internet.Sebagian besar koleksinya adalah naskah lengkap buku-buku domain umum. Proyek ini berupaya menyediakan semua koleksinya sebebas mungkin, dalam format yang tahan lama dan terbuka serta dapat digunakan di hampir semua komputer.
                Pada bulan maret 2013, proyek gutenberg menyatakan bahwa mereka memiliki 42.000 judul buku dalam koleksi mereka. Koleksi buku yang mereka distribusikan terhadap publik tersedia dalam bentuk berkas naskah, tetapi juga tersedia dalam bentuk lain seperti HTML, PDF, EPUB, MOBI, dan pluker. Koleksi dikeluarkan bukan hanya dalam bahasa inggris, tetapi juga dalam beberapa bahasa lainnya.
Fasilitas yang disediakan seperti :

  • Cd dan dvd

  • Catalog online

  • Buku  audio

  • Berita

  • Arsip

  • Book search

  • Book categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar