Kamis, 26 Mei 2016

WORLD DIGITAL LIBRARY

WORLD DIGITAL LIBRARY

Sejarah Perpustakaan World Digital Library

World Digital Library (WDL) adalah perpustakaan digital antar negara yang dikelola oleh  UNESCO dan Library Of Conggers dan (Perpustakaan Kongres) milik Amerika Serikat. James Billington membuat situs ini yang diresmikan pada tanggal 21 April 2009 dan dimaksudkan sebagai sumber rujukan dokumen primer berbagai dokumen penting dunia yang bisa diakses dengan bebas biaya.WDL telah menyatakan bahwa misinya adalah untuk mempromosikan pemahaman internasional dan antar budaya, memperluas volume dan berbagai konten budaya di Internet, menyediakan sumber daya untuk pendidik, ulama, dan khalayak umum, dan untuk membangun kapasitas di lembaga mitra untuk mempersempit kesenjangan digital dalam dan di antara negara-negara.
 Hal ini bertujuan untuk memperluas non-Inggris dan konten non-barat di Internet, dan berkontribusi untuk penelitian ilmiah. Perpustakaan ini bermaksud untuk membuat tersedia material sumber primer dari berbagai kebudayaan dunia secara bebas biaya dan dalam format multibahasa, bahan utama yang signifikan dari budaya di seluruh dunia, termasuk manuskrip, peta, buku langka, skor musik, rekaman, film, cetakan, foto, gambar arsitektur , dan bahan budaya penting lainnya.
WDL dibuka dengan 1.236 item. Pada akhir 2015, daftar lebih dari 12.000 item dari hampir 200 negara, dating kembali ke 8000 SM . Pada saat peluncurannya, perpustakaan ini memiliki 1.170 material dengan antar muka menggunakan tujuh bahasa yang dipakai di PBB.
Tujuan dari perpustakaan ini :
  •   Mempromosikan pemahaman internasional dan antar budaya.
  •   Menyediakan sumber daya untuk pendidik, ulama, dan khalayak umum.
  •   Memperluas volume dan berbagai konten budaya di internet.
  •   Membangun kapasitas dilembaga mitra untuk mempersempit kesenjangan digital dalma dan di antara negara-negara.
Sebagai sebuah bentuk perpustakaan digital masa depan, World Digital Libraries bisa dijadikan contoh bagi perpustakaan digital lainnya. WDL sangat memperhatikan kebutuhan pengguna dan keberlanjutan bahan koleksi digital yang mereka miliki.
 Untuk mempersiapkan peluncuran situs awal, tim WDL menggunakan alat terpusat dengan memori terjemahan. Dengan adanya kebijakan tersebut memungkinkan untuk keberlanjutan bahan koleksi tersebut bisa tetap lestari baik dari segi akses maupun ilmu atau informasi yang terkandung di dalamnya.
Fasilitas  Yang Ada  Di World Digital Library :
  • Info Elibrary
  •  Interactive maps
  •   Themes
  •   Timelines
  •   Buku audio
  •   Cd dan Dvd Project
  •   Ponsel pembaca perangkat How-to
  •   Buku baru Feed
  • Penulis offline Katalog
Old Katalog Online
Setiap buku memiliki peta asal usul dari buku tersebut berasal. Selain dibaca semua buku ini memiliki fasilitas audio yang isinya sama seperti isi yang ada dibuku tersebut, sehingga untuk user/pengguna yang tidak bisa membaca atau tunanetra bisa menikmati isi buku ini dengan cara mendengarkan audionya.WDL item dapat diakses berdasarkan tempat, waktu, topik, jenis item, bahasa, dan lembaga berkontribusi. Fitur pencarian dapat digunakan untuk mencari semua metadata dan deskripsi dan teks penuh buku cetak di situs. Buku, naskah, peta, dan bahan utama lainnya di situs tidak diterjemahkan tetapi disajikan dalam bahasa asli mereka. Lebih dari 100 bahasa yang diwakili pada WDL, termasuk banyak bahasa yang kurang dikenal dan terancam punah.
Setiap item pada WDL disertai dengan deskripsi item tingkat yang menjelaskan makna dan konteks historis. Informasi tambahan tentang item yang dipilih disediakan oleh video kurator. Fitur lain termasuk canggih, gambar pandang, jadwal, peta interaktif, dan mendalam bagian tematis tentang topik yang dipilih (dalam persiapan). Semua alat navigasi, informasi bibliografi (juga dikenal sebagai metadata), dan deskripsi konten yang disediakan dalam tujuh bahasa: Arab, Cina, Inggris, Perancis, Portugis, Rusia, dan Spanyol. Metadata dan deskripsi dapat disimak pada opsi konversi text-to-suara yang tersedia untuk setiap item dalam semua tujuh bahasa antarmuka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar